Jumat, 06 Juli 2012

8 Tips Mencintai Pekerjaan | Part 1


8 Tips Mencintai Pekerjaan - Apakah Anda menikmati pekerjaan yang Anda lakukan? Apa Anda mencintai profesi Anda? Apapun pekerjaan itu, tentu menjadi lebih mudah diselesaikan dan menyenangkan, serta tidak menjadi beban berat, jika kita mencintainya.

Seperti yang diungkapkan Donna Turner, praktisi dari Sumber Daya Manusia Experd. Banyak faktor yang menentukan seseorang bisa mencintai pekerjaannya atau tidak, diantaranya adalah kesesuaian latar belakang pendidikan, keterampilan, pengetahuan, dan minat seseorang. Kemudian, ketercapaian harapan seseorang dengan kondisi lingkungan fisik kerjanya, hubungan atasan dan bawahan yang harmonis, gaji dan reward yang pas, dan tantangan serta kompleksitas kerja yang sesuai dengan kapasitas pribadi. Selain itu, citra positif perusahaan, load kerja, manajemen waktu yang efisien juga merupakan faktor bahagia-tidaknya seseorang dengan pekerjaan yang ia lakukan. Ada beberapa hal yang akan meningkatkan adrenalin Anda untuk lebih mencintai dan bersemangat dalam melakukan profesi Anda saat ini.


1. Mulailah dengan Rasa Cinta
Banyak yang beranggapan bahwa tolak ukur kesuksesan seseorang adalah ketika ia melakukan pekerjaan yang hebat dan berbobot. Tapi, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Melakoni pekerjaan yang kita sukai dengan maksimal adalah jauh lebih penting! Kenapa? Karena rasa ini dengan sendirinya akan meningkatkan energi, semangat sampai percaya diri kita! Tak peduli apa kata orang, yang penting kita menyukai pekerjaan kita!

2. Temukan Senior yang Peduli
Kita sudah merasa memberikan yang terbaik dan bekerja habis-habisan, tapi tetap saja kritik selalu datang dari atasan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja yang sudah lebih bekerja lebih lama daripada anda. Carilah rekan kerja dengan reputasi dan track record baik, darinya anda bisa meminta penilaian atas kekurangan Anda. Jika Anda seorang pebisnis, Anda bisa belajar dari pebisnis yang lebih berpengalaman dari Anda.



3. Tonjolkan Bakat Anda

Divisi anda sedang mengerjakan satu proyek dari Perancis dan kekurangan orang untuk menerjemahkan beberapa handbook berbahasa Perancis? Segera tangkap kesempatan ini jika anda punya kemampuan berbahasa Perancis yang baik. Memperluas kontribusi di kantor, walau ‘keluar’ dari job description anda sekalipun, sama sekali tidak ada ruginya. Saat proyek berakhir, anda akan merasakan bahwa ‘nilai’ anda sudah bertambah di mata kolega kerja.


Nah untuk bacaan selanjutnya silahkan baca di 8 Tips Mencintai Pekerjaan | Part 2 :)

0 komentar:

Posting Komentar

Berpendapatlah dengan bijak, terima kasih