Sabtu, 14 September 2013

Empat Kakek - Kisah Renungan

Empat Kakek ~ Inilah kiasan mengenai prioritas dalam hidup. Suatu hari ada empat kakek yang berdiri dibawah hujan deras. Udara semakin dingin dan mereka basah kuyup. Seorang gadis didalam rumah mengintip keluar kaca jendela rumahnya dan melihat empat kakek yang kehujanan. Ia mengundang mereka untuk berteduh.

Namun keempat kakek itu berkata, "Tidak! kami tidak dapat masuk sebelum seluruh keluargamu pulang kerumah dan memutuskan yang mana dari kami yang boleh masuk sebab kamu hanya bole mengundang satu dari kami. Jika kamu mengundang orang yang tepat makan keempat kami bisa masuk. Jika kamu mengundang kakek yang salah maka hanya satu yang akan masuk".

Ketika keluarganya sudah pulang, mereka membahasnya. Gadis ini berkata, "Keempat kakek itu tidak mau masuk sebelum kita memutuskan siapa orang yang tepat, jika kita memutuskan siapa orang yang tepat maka mereka semua bisa masuk."

Dan empat kakek ini memiliki  nama : Kekayaan, Kesuksesan, Kedamaian dan Keharmonisan. Lalu ayah gadis itu berkata, "Aku selalu bekerja keras, namun meskipun aku bekerja keras aku tidak pernah mendapat banyak uang, dan pemerintah selalu mengambil sebagian pendapatanku dengan pajak dan juga ada banyak tagihan yang harus dibayar, dan hidup ini begitu sulit. Aku benar-benar menginginkan kekayaan."

Istrinya berkata, "Ah, jangan! aku tidak mau kekayaan. Aku hanya ingin kamu dan keluargaku sukses dalam hidup. Sukses jauh lebih penting daripada kekayaan."

"Tidak," jawab Ayah, "Kekayaan lebih penting!" "Bukan, Kesuksesan yang lebih penting!" jawab istrinya , "Kekayaan!!" seru sang ayah.
Lalu putri mereka berkata "Papa dan Mama berhenti, yang aku inginkan hanyalah Kedamaian!"

Sesungguhnya itu memang benar, anda memerlukan kedamaian didalam rumah. Jadi anak perempuan mau kedamaian, sementara yang lain mengatakan, "Kekayaan juga bagus" dan istrinya berkata "Bukan!, sukses yang benar!" jadi mereka mulai bertengkar lagi.

Putranya akhirnya berkata, "Dari semua hal yang kuinginkan dirumah antara ibu, ayah, kakak dan aku adalah Keharmonisan." Mereka semua tercenung,, "Kamu benar juga, nak".

Jadi mereka mengundang keharmonisan datang terlebih dahulu  kedalam rumah. Ketika Keharmonisan masuk, ia berkata bahwa mereka telah membuat pilihan yang benar. Sebab saat keharmonisan masuk kedalam rumah anda maka yang akan mengikuti selanjutnya adalah Kedamaian, dengan kedamaian anda dapat meraih Kesuksesan, dan dengan kesuksesan anda dapat menemukan Kekayaan.

Jadi prioritas utama dalam hubungan dan kehidupan adalah Keharmonisan. Jika tidak, tiga lainnya tidak akan masuk.  :)

0 komentar:

Posting Komentar

Berpendapatlah dengan bijak, terima kasih