Terkadang saya cukup sebal mendengar seseorang yang membanggakan diri dengan
lamanya dia bekerja di sebuah perusahaan. Menunjukkan diri sebagai karyawan
paling loyal di perusahaan itu. Jangan salah sangka, saya bukannya tidak menghargai
arti sebuah kesetiaan. Kesetiaan yang dibuktikan dengan lamanya waktu bekerja
memang penting. Tanpa hal ini perjalanan pun akan tersendat-sendat, bahkan bisa-bisa
menjadi kacau dan yang pasti, ritme perusahaan menjadi kacau. Saya acungi jempol
kepada mereka yang telah teruji secara waktu.
Namun ada sesuatu yang jauh lebih penting daripada sekedar kata loyalitas saja,
hasil kerja dan produktifitas! Apa gunanya kita membanggakan loyalitas kita
yang berpuluh-puluh tahun tetapi sebenarnya tidak ada sesuatu yang dihasilkan
sama sekali? Apa gunanya mendapat penghargaan sebagai karyawan paling loyal
namun kita tidak pernah memberi dampak kepada perusahaan?
Tidak jarang kita bertemu dengan seseorang yang baru bekerja satu dua tahun
dalam sebuah perusahaan.
Namun, meski demikian prestasi kerjanya sangat membanggakan.
Ia tak hanya menyelesaikan tugas dengan baik saja, tetapi ia juga mendukung
kemajuan perusahaan. Laju perusahaan pun melaju cepat di tengah persaingan bisnis
yang makin kompetitif. Langkah-langkah strategis yang ia ambil menentukan arah
perusahaan yang makin efektif. Cara berpikirnya memberi warna tersendiri bagi
perusahaannya. Menjadi kreatif dan inovatif sehingga kemajuan perusahaan pun
terlihat dengan jelas!
Saya sangat yakin bahwa para owner akan berebut mendapatkan pekerja yang seperti
ini, dibandingkan dengan pekerja yang memiliki stempel "loyalitas"
saja. Jika Anda seorang yang sanggat bangga dengan stempel loyalitas yang Anda
miliki, saya usulkan agar Anda juga bangga dengan stempel "kualitas kerja
dan produktifitas". Orang dihargai bukan hanya dilihat dari sudut pandang
loyalitas saja, tapi juga dari produktifitas kerjanya.
Orang dihargai bukan hanya dari loyalitas saja tapi juga produktifitas.
0 komentar:
Posting Komentar
Berpendapatlah dengan bijak, terima kasih