Jumat, 11 Mei 2012

Kuasa Lidah | Renungan

"Memang Lidah tak bertulang..
Tak terbatas kata kata"

Itulah sepenggal lirik dari sebuah lagu
Sungguh dahsyat kuasa Tuhan kepada makhluk ciptaannya, khususnya kita manusia
mempunyai organ tubuh yang dinamakan Lidah, kita patut bersyukur
Walau kecil organ tubuh kita ini, tetapi mempunyai kuasa bebas dalam berbicara, kuasa untuk mengeluarkan kata kata, tak terbatas kata yang bisa kita ucapkan. Sempurna lah kuasa Tuhan bagi kita.

Tetapi ingat saudara, karena Kuasa Lidah yang tak terbatas ini , tentunya mempunyai dampak atau pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan kita , yaitu :
Dampak atau pengaruh yang Positip maupun Negatip .
Untuk itu kita patut dan harus ber hati hati menggunakan lidah dalam berkata kata,.
Yakobus 3:9 mengatakan : Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah

Kuasa Lidah - Lidah di gambarkan sebagai Kekang pada mulut kuda ,
Yang artinya , walau kekang lebih kecil dari tubuh kuda, tetapi mampu untuk mengendalikan kuda mampu mengendalikan kecepatan lari kuda .
Lidah di gambarkan juga sebagai kemudi kapal
Yang artinya walau kemudi kapal dalam ukuran kecil bila dibandingkan dengan besarnya kapal itu sendiri, dia (kemudi) mampu untuk membawa kapal sampai kearah tujuan melalui jurumudi kapal.
Dan, saudara2ku walau Lidah ini organ yang kecil, dikatakan dia dapat memegahkan perkara perkara besar, dari perkara kecil menjadi perkara besar hanya karena ke piawaian lidah dalam kuasa nya,
dikatakan juga, Lidah bagaikan api kecil, memang sangat berguna untuk kehidupan khususnya dalam rumah tangga untuk keperluan memasak dll, tetapi sekecil apapun api, apabila tidak terkendali akan menjadi besar dan bisa membakar hutan sekalipun.

Dosa Lidah sepertinya adalah Dosa yang senantiasa bisa terjadi didalam kehidupan kita sehari hari , Hidup dan Mati dikuasai oleh Lidah (Amsal 18:21)

Semua Jenis Binatang buas, burung, binatang2 menjalar, binatang di laut dapat dijinakkan dan telah dijinakkan oleh sifat manusia, tetapi tidak seorangpun berkuasa menjinakkan lidahnya , ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai dan penuh racun yang mematikan..
Hanya dari seucap kata yang menyakitkan hati, seorang anak tega membunuh orangtuanya sendiri, tega membunuh saudaranya sendiri,.
Hanya karena seucap kata, seorang yang tadinya bersahabat menjadi musuh .

Untuk itu sebagai manusia kita harus lebih bijak dalam bertutur kata.
Ada istilah
" Mulutmu - Harimau mu " - apabila kita salah berucap, maka mampuslah kita , akibat buruk akan menerkam kita..
" Lidahnya setajam Pedang " kata2nya yang keluar dari mulutnya, sangat menyakitkan yang akibatnya menyakitkan hati orang lain.

Biarkanlah mulut kita menjadikan berkat bagi orang lain, melalui kata perkata yang kita ucapkan, niscaya damai sejahtera akan terwujud bagi kita sesama manusia..
Mat 12:37 - karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan , dan menurut ucapanmu juga engkau akan dihukum

Amin

Source: jengyet-tuntunanku.blogspot.com

Terima kasih sudah membaca renungan ini, N Tuhan Memberkati.. ;)

0 komentar:

Posting Komentar

Berpendapatlah dengan bijak, terima kasih